Perkembangan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia pendidikan sangat cepat. Direktorat Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menawarkan Program Kemitraan Dosen LPTK dengan Guru di Sekolah untuk memberi kesempatan kepada para Dosen LPTK untuk melakukan kemitraan antara Dosen LPTK dengan sekolah sebagai pengguna lulusan, menemukan model/pola pembelajaran inovatif, meningkatkan penelitian dan publikasi serta meningkatkan partisipasi dosen dan mahasiswa LPTK dalam mengembangkan pembelajaran. Nurratri Kurnia Sari, M.Pd selaku dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Veteran Bangun Nusantara (UBIVET BANTARA) lolos pada program tersebut.
Program Kemitraan Dosen LPTK Dengan Guru yang bekerjasama dengan Sekolah Dasar Negeri Sukoharjo 04 dilaksanakan selama 6 bulan. Persiapan selama 1 bulan, pelaksanaan selama 4 bulan, pelaporan dan diseminasi selama 1 bulan. Program diawali dengan pembekalan konsep pendidikan abad 21, dilanjutkan pedagogis modern dan learning community (In Class Training-1), implementasi program kemitraan dosen LPTK dan sekolah tahap-1 (On the Job Training-1), survey baseline kondisi pembelajaran di sekolah (analisis permasalahan pembelajaran), bersama guru menentukan research lesson perbaikan pembelajaran di sekolah yang dapat diadopsi dan diadaptasi untuk perbaikan perkuliahan, pengembangan rancangan pembelajaran inovatif dosen bersama guru dan mahasiswa dalam kerangka riset pembelajaran, implementasi rancangan pembelajaran dalam kelas, observasi dan pengambilan data, refleksi dan redesign rancangan pembelajaran, pembuatan dokumentasi dan publikasi pengembangan pembelajaran, pendampingan dan monitoring kegiatan kemitraan di sekolah dan diseminasi untuk mempresentasikan draft artikel ilmiah dalam seminar hasil program kemitraan dosen LPTK dan sekolah. Program ini diharapkan mampu mengatisaipasi lost learning selama masa pandemic melalui model/pola pembelajaran inovatif dari kerja kolaborasi dosen-guru dalam mengembangkan pembelajaran, meningkatkan penelitian dan publikasi dosen LPTK dan guru di sekolah dalam konteks pengembangan pendidikan dan pembelajaran, dan meningkatkan partisipasi dosen dan mahasiswa LPTK dalam mengembangkan pembelajaran di sekolah melalui riset kolaborasi dengan guru.